Jumat, 01 April 2016

RISK MANAGEMENT dengan fungsi INDEX

Apapun jenis usahanya, setiap kegiatan perusahaan pasti menghadapi risiko. Resiko dikaitkan dengan kemungkinan kejadian atau keadaan yang dapat mengancam pencapaian sasaran perusahaan baik sasaran strategis, operasional, financial, pembentukan citra organisasi, atau pun segala hal yang ingin dicapai organisasi tersebut. Sehingga ketidaktahuan terhadap risiko sangatlah mahal harganya.
Manajemen risiko merupakan upaya ter-koordinasi untuk mengarahkan dan mengendalikan kegiatan - kegiatan organisasi terkait dengan risiko. Dalam manajemen resiko tercakup bagaimana untuk mencapai keseimbangan yang tepat antara keberhasilan yang akan dicapai dengan kerugian se-minimal mungkin. 
Manajemen resiko tidak lepas dari pemetaan jenis resiko. Pemetaan menjadi proses yang penting, sekaligus memakan waktu cukup lama. 

Dengan fungsi INDEX, proses pemetaan jadi lebih mudah. Bagaimana caranya ?

1. Buat dulu 3 matriks pada sheet 1, yaitu matriks utama, matriks column, dan matriks row.



















2. Buat tabel Risk Identification pada sheet 2.















Kolom yang wajib ada adalah : (1) kolom Likehood (atau matriks column), (2) kolom Impact (atau matriks row), (3) kolom Likehood code, (4) kolom Impact code, (5) Result (atau hasil identifikasi)

3. Tulis rumus VLOOKUP di Likehood Code, 

   = VLOOKUP (D4,Sheet1!$H$3:$I$6,2,0)


4. Tulis rumus VLOOKUP di Impact Code,

  = VLOOKUP (E4,Sheet1!$K$3:$L$6,2,0)

5. Tulis rumus INDEX  di Overall Residual Risk.

    =INDEX(Sheet1!$B$2:$F$6,F4,G4)


6. Selesai.


Susah ? Gagal Paham ? Sedikit penjelasan, fungsi INDEX hampir sama dengan fungsi VLOOKUP, yaitu
mencari data sesuaidengan kondisi tertentu. Fungsi INDEX dapat mencari data yang berbentuk seperti matriks di atas (matriks utama). Untuk "mengotomatiskan"-nya, maka kita kombinasi dengan rumus VLOOKUP.

Jadi apabila, nama resikonya kita ketika "Jatuh dari Ketinggian", likehood-nya kita tulis "Extremely Remote", dan Impact dari resiko tersebut adalah "Catastrope", maka akan langsung muncul di overall residual risknya adalah "Extreme....

Semoga mencerahkan...

Smart Excel !!! Smart Work !!!

Julius DR




Tidak ada komentar:

Posting Komentar